Ragam Covid-19 Test, Mana Yang Sebenarnya Paling Akurat?

Test covid-19 dilakukan untuk mengetahui dan memeriksa apakah terdapat keberadaan virus didalam tubuh. Pengetesannya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari PCR atau Polymerase Chain Reaction, test antibodi, hingga rapid test antigen. Dengan berbagai jenis pemeriksaan ini, akhirnya timbul pertanyaan yang muncul, mana yang sebenarnya paling akurat? 

1. PCR

PCR atau Polymerase Chain Reaction merupakan pemeriksaan covid-19 yang dilakukan dengan meneliti keberadaan virus pada sampel (lendir) yang diambil lewat hidung dan tenggorokan. PCR kerap dinilai sebagai salah satu test covid-19 paling akurat untuk mendeteksi covid-19 didalam tubuh karena ia langsung menganalisis spesimen dengan mencari materi genetik (asam ribonukleat atau RNA) dari SARA-CoV-2, virus penyebab covid-19. Alat yang digunakan untuk mengambil sampel adalah alat usap panjang dan fleksibel (seperti cotton bud kecil) yang kemudian masuk masuk kedalam hidung serta tenggorokan. Setelahnya, alat akan disegel dalam tabung dan diperiksa lebih lanjut di laboratorium. 

2. Antibodi test (blood test)

Test ini dilakukan untuk mencari keberadaan antibodi terhadap virus corona di dalam tubuh. Antibodi sendiri merupakan protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Antibodi tes sebenarnya tidak dapat mendiagnosis infeksi virus corona aktif secara langsung, namun ia memeriksa apakah darah pasien mengandung antibodi IgM dan IgG yang dinilai spesifik. Antibodi test dilakukan dengan pengambilan sampel berupa darah dengan dilakukan dengan menusukkan jarum ke ujung jari pasien dan menempelkan sampel ke alat rapid tes untuk diperiksa dan diteliti lebih lanjut. 

3. Rapid test antigen

Rapid swab antigen adalah jenis pemeriksaan yang dilakukan dengan metode yang hampir mirip dengan PCR yaitu memeriksakan sampel dari lendir pada hidung untuk memastikan keberadaan antigen berbahaya (bisa berupa kuman, virus, ataupun racun) pada tubuh. Pemeriksaan rapid test antigen ini kerap dinilai jauh lebih akurat jika dibandingkan dengan test antibodi, sebab dapat mendeteksi langsung keberadaan antigen virus corona (SARS-CoV-2) penyebab covid-19 melalui sampel yang diambil.

Jika ketiga jenis pemeriksaan ini dibandingkan, test antibodi merupakan jenis pemeriksaan yang persenan mendeteksi virusnya lebih rendah rendah dibandingkan yang lain. Ini diakibatkan karena test antibodi hanya mendeteksi respon imun tubuh dalam bentuk antibodi, bukan virusnya. Meski sebenarnya hasil test antibodi tetap akurat, diperlukan pemeriksaan lain untuk mendeteksi virus covid-19 berupa PCR ataupun rapid test antigen.

Dapatkan layanan pemeriksaan rapid test antigen di Niki Diagnostic Center

Kini layanan pemeriksaan rapid test antigen dapat dengan mudah dilakukan di Niki Diagnostic Center. Rapid test antigen di Niki Diagnostic Center ini dikenakan biaya sebesar Rp.110.000 yang sudah include biaya kesehatan, surat hasil test, serta pemeriksaan yang dilakukan dengan alat kesehatan yang berkualitas tinggi dengan taraf internasional.

Mengapa pemeriksaan rapid test antigen di Niki Diagnostic Center sangat direkomendasikan?

– Hasil pemeriksaan rapid test antigen Niki Diagnostic Center keluar dengan cepat yaitu hanya 15 menit dari pemeriksaan awal

–  Hasil pemeriksaan bisa dicetak langsung ataupun dikirim melalui email

– Waktu pemeriksaan yang bisa dilakukan dari hari Senin-Minggu (08.00-19.00 WITA)

– Biaya tes yang terjangkau yaitu hanya Rp. 110.000.

– Mudah di refund jika sewaktu-waktu pasien berhalangan dan ingin mengubah jadwal

Untuk mendapatkan layanan pemeriksaan rapid test antigen, Anda bisa langsung datang ke Niki Diagnostic Center yang berada di Jl. Gatot Subroto II no.5, Dangin Puri Kaja, Kota Denpasar, atau melakukan reservasi di nomor (0361) 425333

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *