Play Gym Baby: 7 Manfaat dan 3 Tips untuk Anda!

Sedang mencari play gym baby untuk si kecil? Alat ini memang memberikan banyak manfaat untuk tumbuh-kembang bayi, tentunya dengan penggunaan yang tepat.

Play gym baby atau baby play gym adalah alat main bayi, semacam karpet atau tikar yang dibuat dari bahan lembut. Biasanya alat ini dilengkapi dengan mainan-mainan yang tergantung untuk mencuri perhatian bayi.

Play gym baby terbaik

Mainan tersebut digantung dalam dua lengkungan yang menjuntai di atas kepala si kecil. Jadi, bayi dapat melihat langsung mainan tersebut ketika berbaring di dalamnya.

Nah mainan-mainan ini biasanya dilengkapi dengan musik, lampu, dan perlengkapan lain. Selain itu, biasanya baby gym menawarkan banyak fitur tambahan.

Ada begitu banyak produk baby gym yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Tentu, karena terlalu banyak pilihan, mungkin Anda justru bingung memilih produk yang tepat.

Untuk itu, sebelum memilih play gym baby untuk si kecil, yuk simak tips dan manfaat produk singkat berikut ini!

Manfaat play gym baby untuk perkembangan bayi

Baby play gym dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan si kecil, khususnya dalam bulan-bulan awal perkembangan. Sebab itu, ada banyak manfaat baby gym yang sesuai dengan proses perkembangan bayi, di antaranya:

Manfaat kognitif

Membantu si kecil memahami prinsip dasar sebab akibat. Bahwa ketika dia memegang suatu mainan, mungkin mainan tersebut akan mengeluarkan suara tertentu.

Manfaat visual

Jarak pandang bayi yang baru lahir masih sangat pendek. Nah, sebagian besar baby gym merancang gantungan mainan dengan jarak yang tepat untuk kemampuan visual si kecil.

Manfaat menggapai dan menggenggam

Bayi yang baru lahir cenderung mencoba menggenggam benda apa pun yang ditekankan di telapak tangan mereka.

Manfaat motorik

Baby play gym didesain dengan material lembut tapi kuat. Ini penting untuk mendorong tahap awal perkembangan bayi dalam merangkak.

Manfaat kesadaran diri

Sebagian besar play gym dilengkapi dengan cermin kecil yang tidak bisa pecah. Cermin ini dapat membantu bayi melihat bayangan dirinya sendiri.

Manfaat sensorik dan kesadaran

Stimulus sensorik sangat penting dalam tahap awal perkembangan bayi. Si kecil mempelajari tekstur, suara, adn warna.

Manfaat tambahan

Nah manfaat utama play gym untuk berkembangan bayi di atas sudah cukup untuk jadi alasan Anda menggunakan produk ini. Meski begitu, jika Anda masih ragu, ada beberapa manfaat tambahan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan:

  • Mudah dibersihkan
  • Portable, artinya mudah dilipat dan mudah dibawa-bawa ketika Anda harus bepergian
  • Jadi pelindung alami bayi ketika bermain, jadi kecil kemungkinan bayi membenturkan kepalanya
  • Bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya menggantung mainan tambahan
  • Biasanya mainan yang tergantung di play gym dapat dilepas, jadi bisa Anda tambahkan di alat main lainnya
  • Menyenangkan untuk newborn baby yang masih dalam tahap belajar duduk dan merangkak

3 tips memilih play gym baby

Setelah memahami manfaat-manfaat penting baby play gym, wajar jika Anda tertarik membeli produk ini dengan segera. Simak rekomendasi SehatQ untuk produk play gym baby.

Selain itu, ada 3 tips yang bisa Anda perhatikan dalam memilih produk, yaitu:

  • Pilih produk dengan warna kontras tinggi (misal hitam dan putih, plus warna kontras lainnya). Jika Anda tidak bisa menemukannya, tambahkan mainan-mainan yang berwarna kontras tinggi.
  • Cari produk dengan tali tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menggantung mainan ekstra atau alat lain seperti mainan gigit
  • Pilih produk dengan alas (mat) yang dapat dilepas dan dapat dicuci.

Demikian manfaat dan tips memilih play gym baby untuk si kecil. Mudah, kan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *