Strategi Persiapan Melahirkan agar Persalinan Lebih Mudah

Proses melahirkan bayi adalah peristiwa besar dalam hidup yang dapat terasa luar biasa. Ada banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan, tetapi persiapan melahirkan dapat membuat Anda melakukan persalinan lebih mudah.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat proses persalinan Anda bisa berjalan secara lancar mulai dari kontraksi pertama hingga dorongan terakhir yang dapat membawa bayi Anda ke dunia. Untuk mempersiapkan proses persalinan, Anda perlu menyiapkan bahwa tubuh Anda tetap sehat, seperti dengan menjaga pola makan dengan baik serta istirahat dengan cukup.

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang agar persalinan berjalan lebih mudah. Berikut strategi yang perlu Anda lakukan.

1. Mengikuti Kelas Yoga

Dari semua kelas latihan prenatal, yoga untuk ibu hamil memiliki pengikut yang terbesar. Aktivitas yoga dapat mempersiapkan tubuh untuk berdiri tegak saat persalinan, yaitu berdiri, berlutut, tangan dan lutut jongkok. Posisi tersebut juga diketahui dapat membuat panggul Anda tetap longgar sehingga memudahkan mengatur posisi dan jalan turun bayi. 

Yoga juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk mengatur pernapasan. Berfokus pada pernapasan adalah latihan yang akan sangat membantu proses persalinan. Saat Anda melakukan yoga untuk persiapan melahirkan, berkonsentrasilah saat menghembuskan napas dan merasa rileks setelahnya. Latih tubuh Anda tetap rileks dengan menarik napas. Belajarlah untuk mencoba menghilangkan kecemasan dan ketegangan di tubuh karena dapat membantu menghilangkan rasa sakit saat melahirkan.

2. Melakukan Pemijatan

Pemijatan secara teratur dapat membantu wanita untuk bernapas sampai ke area yang tidak nyaman, lalu mengendurkan otot-otot yang menegang. Selain itu, pemijatan dapat membuat otot-otot mudah lentur dan lebih mudah rileks setelah mengalami kontraksi selama proses persalinan, sehingga membuat istirahat di antara kontraksi terasa sedikit lebih lama.

Pemijatan juga dapat melepaskan ketegangan saat proses persalinan. Anda dapat meminta pasangan Anda untuk membelai kepala atau melakukan pemijatan agar lebih rileks. Selain itu, sentuhan tubuh yang kuat seperti berpegangan tangan atau menekan kuat pada lengan atas atau paha dapat meningkatkan produksi oksitosin yang dapat melancarkan proses persalinan. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut dalam rangka persiapan melahirkan, Anda bisa mengikuti kelas pijat prenatal.

3. Hipnosis

Hipnosis dapat membuat Anda rileks. Selain itu, hipnosis adalah bentuk terapi yang membutuhkan teknik relaksasi mendalam yang sama selama proses meditasi. Hipnosis juga akan mengajarkan atau melatih para ibu hamil untuk rileks lebih mendalam. Teknik hipnosis sering dicari para wanita agar proses persalinan mereka tidak harus menggunakan bantuan obat dan persalinannya menjadi lebih efektif serta untuk mengatasi kecemasan memikirkan proses persalinan.

4. Mengetahui Posisi Janin yang Optimal

Jika tulang ekor ibu hamil mengalami tekanan karena terkena bagian belakang dari kepala bayi, maka ibu hamil akan merasakan nyeri punggung yang luar biasa saat proses melahirkan. Selain itu, sering kali hal ini akan membuat proses melahirkan jadi lebih lambat. Untuk mengatasinya, Anda perlu meluangkan waktu setiap hari dengan duduk tegak dengan sedikit condong ke depan, atau berlutut di lantai sambil bersandar ke depan sofa.

5. Latihan Kegel

Latihan senam Kegel dapat  membantu banyak wanita untuk mendapatkan intervensi medis. Hal ini karena latihan Kegel diketahui dapat memperkuat otot dengan meremas dinding vagina erat-erat dan menahannya selama 20 hitungan. Hal ini akan membuat mengejan lebih efisien dan mencegah kontrol kandung kemih dan wasir yang menjadi lebih buruk.

6. Pemijatan Perineum

 Pijat perineum dapat meregangkan jaringan pada pembukaan vaggina. beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemijatan ini akan mengurangi kemungkinan seorang wanita menjadi robek saat mendorong bayi. Manfaat lain dari berlatih pijat perineum untuk persiapan melahirkan adalah membantu wanita belajar untuk secara sadar mengendurkan perineum yang dapat memungkinkan bayi keluar dengan lebih mudah. Pemijatan juga meningkatkan sirkulasi jaringan perineum dan mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *