3 Manfaat Panthenol Bagi Rambut, Jangan Ketinggalan Khasiatnya!

Panthenol sudah dikenal dan banyak digunakan untuk produk sehari-hari, seperti obat, produk perawatan wajah, hingga rambut. Penggunaan kandungan ini dalam produk perawatan rambut juga memberikan banyak khasiat sebagaimana penggunaannya di dalam produk lainnya.

Melansir dari Healthline, panthenol adalah suatu zat senyawa kimia yang berasal dari vitamin B5 atau asam pantotenat. Kandungan ini bisa didapatkan dari bahan alami, seperti hewan dan tumbuhan. 

Pada umumnya, kandungan ini sudah banyak digunakan pada obat-obatan, seperti salep penyembuh luka, obat tetes mata, dan lainnya. Zat kimia provitamin B5 ini juga biasa digunakan sebagai zat aditif pada produk perawatan, baik wajah maupun rambut. 

Pada produk perawatan wajah,  senyawa kimia ini banyak digunakan karena mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama sehingga mencegah permasalahan kulit akibat dehidrasi. Panthenol dapat ditemukan di dalam pembersih wajah, moisturizer, toner, hingga serum.

Sedangkan jika digunakan dalam produk perawatan rambut, panthenol akan mengurangi permasalahan-permasalahan rambut sehingga pertumbuhan rambut tidak mengalami gangguan. Kandungan senyawa kimia ini bisa Anda temukan di dalam sampo, kondisioner, hair spray, dan vitamin rambut. 

Bila kandungan ini digunakan dalam produk obat, maka ia akan memiliki kemampuan regenerasi yang tinggi. Akan tetapi, bila ia bersentuhan dengan kulit atau rambut, maka akan terjadi proses oksidasi biologis yang terjadi. Dalam proses itu, provitamin B5 akan berubah menjadi vitamin B5. 

Vitamin B5 inilah yang akan memberikan banyak manfaat pada rambut bila digunakan secara rutin. Di bawah ini beberapa manfaat panthenol bila digunakan untuk rambut.

Manfaat panthenol untuk rambut

1. Rambut menjadi lembut dan kuat

Sebuah penelitian dari British Journal of Dermatology yang menguji senyawa-senyawa CNPDA, yakni kafein, niacinamide, panthenol, dimethicone, serta polimer akrilat pada rambut. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan senyawa kimia ini termasuk ke dalam senyawa kimia yang berfungsi menguatkan dan melembutkan rambut.

Hal ini dikarenakan, kandungan ini mampu menembus seluruh lapisan kutikula dan lapisan kulit kepala, sehingga akan memberikan efek yang lebih terasa. 

2. Rambut terhindar dari lepek dan kering

Vitamin B5 memiliki kandungan Humektan yang berfungsi menarik dan mengikat air. Maka dari itu, kandungan ini dapat mengikat air lebih lama sehingga rambut akan menjadi lembap dan terhindar dari masalah rambut kering dan lepek.

Produk yang menggunakan panthenol atau provitamin B5 ini akan mampu meresap dalam batang rambut dan memberikan nutrisi sehingga kelembapan pada rambut akan bertahan lebih lama.

3. Rambut tebal dan mengembang

Masalah-masalah rambut bisa menghambat proses pertumbuhan rambut. Maka dari itu, penggunaan panthenol dalam produk perawatan rambut dimaksudkan agar mengurangi masalah-masalah tersebut, seperti menaikkan sirkulasi darah, menghilangkan ketombe, memperkuat akar, serta menyuburkan folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut akan lebih cepat.

Manfaat senyawa kimia yang satu ini akan cocok digunakan bagi Anda yang memiliki masalah rambut tipis. Selain itu, kandungan ini juga memiliki sifat anti iritasi yang bisa membuat rambut menjadi bersinar, tebal, dan kuat.

Itulah ketiga manfaat kandungan senyawa panthenol yang ada di dalam produk perawatan rambut, mulai dari sampo, kondisioner, hingga vitamin rambut. 

Penggunaan panthenol ini bisa dipakai oleh semua jenis kulit, karena manfaat-manfaat yang diberikan tidak menimbulkan masalah bagi jenis rambut apapun. 

Pemakaian kandungan ini pada produk-produk perawatan dan kosmetik sudah disetujui dan dikatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) dan juga The European Commission on Cosmetic Ingredients. 

Sehingga, panthenol saat ini banyak digunakan sebagai bahan terbaik dalam perawatan kulit dan jaringan epidermis. Sudah banyak produsen yang menambahkan kandungan tersebut ke dalam produk mereka. Selain karena banyak manfaatnya, panthenol juga dipakai karena aman dan tidak menyebabkan reaksi alergi.

Namun, jika Anda memiliki permasalahan hipersensitif akan suatu bahan, maka akan lebih baik jika Anda mengonsultasikan panthenol atau provitamin B5 ini dengan dokter terlebih dahulu. Bisa jadi efek samping yang akan ditimbulkan berupa dermatitis kontak, atau gangguan pencernaan jika penggunaannya dalam bentuk oral.

Jadi, jika Anda ingin memiliki rambut sehat, kuat, tebal, dan berkilau, cobalah produk-produk rambut yang mengandung panthenol, atau bisa jadi ternyata Anda sudah menggunakannya sejak lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *