Pantangan yang Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil 4 Bulan

Pada usia kehamilan yang memasuki empat bulan yang biasanya terjadi adalah anda tidak lagi mengalami rasa mual atau muntah. Meskipun begitu, anda perlu tetap menjaga kewaspadaan karena terdapat pantangan saat hamil 4 bulan. Hal ini perlu diperhatikan agar kondisi janin dan anda tetap dalam keadaan sehat. Selain itu, tak melanggar pantangan juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada janin. 

Lantas apa saja pantangan saat hamil 4 bulan? Untuk menjawab pertanyaan itu, maka artikel ini ditulis. Anda tak butuh banyak waktu untuk mengetahuinya dan tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak bersama pantangan bagi ibu yang usia kandungannya memasuki empat bulan. 

1. Merokok 

Pada dasarnya, kita telah mengetahui bahwasannya rokok memang tidak bagus untuk kesehatan. Hal ini karena bahan kimia yang ada di dalam kandungan rokok bisa membahayakan anda dan janin. Perlu untuk diingat, selain tidak merokok, paparan asap rokok juga perlu dihindari. Di sisi lain, orang yang hamil dan tetap merokok itu sangat berisiko tinggi mengalami proses melahirkan yang tidak sehat dan bayi lahir secara prematur. 

Oleh karena itu, rokok wajib untuk dihindari. Tidak hanya bagi ibu hamil, semua kalangan juga perlu menghindari rokok. Perlu ditegaskan rokok tidak punya manfaat sama sekali. Merokok hanya membuat tubuh menjadi tidak sehat! 

2. Tidur terlentang 

Pantangan hamil 4 bulan berikutnya adalah tidur dengan posisi terlentang. Bagi anda yang telah memasuki usia kehamilan empat bulan disarankan anda posisi tidurnya miring. Agar posisi tersebut bisa terjaga sama pagi, anda bisa menggunakan bantal atau guling untuk mengganjal di bagian punggung. Adapun tidur posisi menyamping disarankan karena memang membuat anda lebih nyaman. 

3. Makan makanan mentah 

Menjaga pola makan menjadi pantangan penting saat hamil 4 bulan. Pasalnya, anda perlu betul-betul memperhatikannya karena banyak makanan yang tidak boleh dimakan. Pantangan ini meliputi makanan mentah dan makanan yang dimasak, tapi dicucinya tidak bersih. Terkait makanan ini, anda perlu memastikan makanan telah dimasak sampai matang. Sebab, kalau setengah matang juga meningkatkan risiko terserang kuman nan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami infeksi. 

Infeksi selama kehamilan ini pada dasarnya memang perlu dihindari karena infeksi bisa mengakibatkan keguguran atau melahirkan secara prematur. Selain makanan mentah seperti daging dan ikan, pantangan lain adalah daging deli, makanan cepat saji, jeroan, dan ikan laut yang tingkat merkurinya sangat tinggi. 

Pantangan selanjutnya saat hamil 4 bulan adalah konsumsi kafein. Untuk kafein sendiri ini biasanya ada di dalam kopi. Bagi anda yang sedang hamil 4 bulan, bukan tidak boleh minum kopi. Tapi perlu diingat, kelebihan konsumsi kafein juga tak diperkenankan. Oleh karena itu, jika terpaksa ingin minum kopi, minumlah kopi yang kafeinnya rendah atau lebih bagus mengganti kopi dengan air mineral saja. 

Pantangan selanjutnya adalah berinteraksi sama hewan. Meskipun itu adalah hewan peliharaan anda, tapi saat hamil 4 bulan anda disarankan untuk tidak melakukan interaksi. Adapun pantangan berikutnya adalah tidak berendam di air panas, melakukan sauna, dan mengonsumsi obat tanpa resep dari dokter. 

Khusus konsumsi obat ini sangat penting untuk menjadi perhatian. Pasalnya, orang kerap kali langsung minum obat bebas tanpa resep ketika mengalami pusing atau demam. Untuk ibu hamil, disarankan lebih dulu konsultasi sama dokter terkait untuk memastikan obat mana yang bisa dikonsumsi. 

Demikianlah pantangan hamil 4 bulan yang bisa disampaikan. Tentu saja diharapkan anda dapat mempelajarinya dengan saksama, terlebih terkait pola makanan yang mana memang banyak makanan nan tak bisa anda makanan selama kandungan memasuki usia empat bulan. Meskipun terkesan tidak enak, bagaimanapun juga tidak melanggar pantangan ini tujuannya untuk kesehatan dan keselamatan anda beserta janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *