Bahaya dan Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil sangat banyak. Selain itu, susu kedelai memiliki cita rasa yang lezat serta mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin yang sedang dikandung.

Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil secara optimal, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan bahaya untuk kondisi kesehatan tubuh dan janin yang sedang Anda kandung.

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi susu kedelai.

1. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Susu kedelai memiliki kandungan yang bermanfaat untuk janin yang dikandung oleh ibu hamil. Beberapa manfaat yang diberikan oleh susu kedelai seperti membantu perkembangan dan pertumbuhan janin karena mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi lainnya. 

2. Mencegah Anemia

Susu kedelai memiliki kandungan nutrisi seperti zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah di tubuh Anda dan dapat mencegah terjadinya anemia. Hal ini juga dapat mengurangi tingkat risiko kelahiran secara prematur.

3. Meningkatkan Energi

Saat Anda sedang hamil, wajar jika Anda menjadi sering lelah. Hal ini bisa terjadi karena tubuh Anda mengalami fluktuasi hormon selama hamil. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan energi Anda dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat.

Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi susu kedelai karena susu kedelai bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat yang menyehatkan untuk Anda serta janin yang terkandung di dalam perut. Biji kedelai mengandung karbohidrat kompleks yang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa diproses di dalam tubuh. Hal ini juga yang membuat Anda tidak cepat lelah karena energi yang dihasilkan dapat bertahan lebih lama.

4. Mengandung protein yang Tinggi

Biji kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi bahkan dapat dipakai untuk menggantikan protein yang berasal dari daging. Selain itu, protein kedelai juga memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih sedikit.

Protein yang terkandung di dalam kedelai dapat bermanfaat untuk membentuk jaringan organ yang membantu perkembangan janin serta mendukung perbaikan sel-sel di dalam tubuh.

5. Menurunkan Risiko Terjadinya Penyakit Bawaan Lahir

Biji kedelai memiliki kandungan asam folat atau vitamin B9 yang sangat penting sebagai asupan nutrisi ibu hamil. Bahkan sebaiknya asam folat mulai dikonsumsi sejak Anda merencanakan kehamilan. 

Asupan asam folat yang cukup dapat membantu meningkatkan perkembangan sel-sel saraf pada janin. Tidak hanya itu, asam folat yang terkandung di dalam susu kedelai juga dapat mengurangi tingkat risiko bayi lahir dengan cacat bawaan seperti neural tube defects atau cacat tabung saraf janin. Untuk menghindari hal tersebut, maka penting untuk Anda yang sedang hamil mengonsumsi makanan mengandung asam folat salah satunya adalah susu kedelai.

Bahaya Susu Kedelai

Meski manfaat susu kedelai untuk ibu hamil sangat banyak, Anda harus tetap berhati-hati saat mengonsumsinya. Ibu hamil memang diperbolehkan untuk minum susu kedelai, namun jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti hipotiroidisme dan kanker payudara, sebaiknya tetap berhati-hati saat mengonsumsinya.

Hal ini karena susu kedelai mengandung fitoestrogen yang terdapat pada kacang kedelai yang dapat menimbulkan reaksi pada kondisi kesehatan seperti kanker payudara dan hipotiroidisme. 

Selain itu, susu kedelai juga memiliki efek samping seperti:

  • Memiliki kandungan isoflavon yang dapat meniru estrogen
  • Ada ibu hamil yang mengalami gejala alergi seperti bengkak, ruam, dan berbagai masalah pernapasan, muntah dan mual akibat rutin mengonsumsi susu kedelai
  • Konsumsi susu kedelai dapat memicu sakit kepala migrain karena mengandung isoflavon 

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang optimal, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda, apakah kondisi kesehatan Anda mendukung atau tidak jika Anda mengonsumsi susu kedelai. Selain itu, Anda juga perlu menanyakan berapa banyak susu kedelai yang bisa Anda konsumsi agar tidak menimbulkan bahaya jika Anda konsumsi secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *