Ketahui Prosedur Pap Smear di Lab Cito Jakarta

Lab Cito Jakarta adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, yang buka mulai hari Senin sampai hari Minggu. Lab Cito Jakarta memiliki beberapa prosedur medis unggulan salah satunya yaitu layanan pap smear.

Pap smear adalah prosedur skrining untuk mengetahui apakah Anda terkena kanker serviks atau tidak. Prosedur pap smear ini dilakukan untuk menguji keberadaan sel prakanker atau kanker yang terjadi pada leher rahim. 

Selama prosedur pap smear, sampel diambil dari sel-sel dari leher rahim, lalu diperiksa apakah ada pertumbuhan yang abnormal atau tidak. Prosedur pap smear bisa dilakukan di laboratorium seperti Lab Cito Jakarta, klinik atau di kantor dokter. Biasanya pap smear bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Namun, hal ini tidak akan menimbulkan rasa sakit dalam jangka panjang.

Kebutuhan Prosedur Pap Smear

The American Cancer Society menyarankan bahwa sebaiknya skrining menggunakan pap smear dilakukan pada saat usia 25 tahun. Namun, ada juga beberapa wanita yang berisiko tinggi terkena kanker atau infeksi. Selain itu, Anda mungkin memerlukan tes yang lebih sering jika mengidap HIV atau positif HIV, serta memiliki kondisi sistem kekebalan yang lemah karena mendapat tindakan kemoterapi atau transplantasi organ.

Namun, jika Anda yang berusia 25 tahun dan belum pernah menjalani tes pap smear, sebaiknya tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu apakah tes tersebut harus dilakukan setiap lima tahun jika tes tersebut dikombinasikan dengan skrining HPV. Namun, pedoman yang ada saat ini memberikan rekomendasi bahwa orang yang berusia 25 hingga 65 tahun sebaiknya menjalani tes HPV setiap lima tahun.

HPV atau human papillomavirus merupakan virus yang dapat menimbulkan kutil dan meningkatkan kemungkinan kanker serviks. Virus HPV tipe 16 dan 18 adalah penyebab utama terjadinya kanker serviks. Jika Anda memiliki virus HPV, Anda mungkin sangat berisiko terkena kanker serviks.

Sedangkan untuk wanita yang usianya sudah di atas 65 tahun dengan riwayat hasil Pap smear yang normal, maka tes Pap smear selanjutnya bisa dihentikan. Akan tetapi, Anda sebaiknya tetap melakukan Pap smear secara teratur sesuai dengan usia Anda, terlepas dari status aktivitas seksual Anda. Anda tetap perlu melakukan Pap smear karena virus HPV bisa aktif tiba-tiba dan tidak aktif selama bertahun-tahun. 

Persiapan Pap Smear

Jika Anda akan menstruasi pada hari jadwal Pap smear Anda, sebaiknya Anda mengganti hari atau melakukan penjadwalan ulang agar hasil Pap smear Anda lebih akurat. 

Sehari sebelum melaksanakan tes Pap smear, cobalah untuk tidak melakukan aktivitas seksual, douching, atau menggunakan produk spermisida, karena ini dapat mengganggu hasil Anda.

Dalam kebanyakan kasus, Pap smear masih aman untuk dilakukan pada 24 minggu pertama kehamilan. Setelah itu, tes Pap smear mungkin lebih menyakitkan. Selain itu, untuk mendapatkan hasil tes Pap smear yang akurat, Anda perlu menunggu selama 12 minggu usai melahirkan.

Saat menjalankan tes Pap smear, maka sebaiknya Anda tetap tenang dan mengambil napas dalam-dalam selama prosedur tes dilakukan. 

Prosedur Tes Pap Smear

Pada saat Anda melakukan tes Pap smear, mungkin Anda bisa merasa sedikit tidak nyaman, tetapi tahan sebentar karena tesnya sangat cepat. Selama prosedur tes Pap smear, Anda akan diminta untuk berbaring secara telentang di atas meja pemeriksaan dengan kaki yang terbuka dan kaki Anda bertumpu pada penyangga.

Kemudian, secara perlahan dokter akan memasukkan suatu alat yang disebut dengan spekulum ke dalam vagina Anda. Alat tersebut membantu membuat dinding vagina tetap terbuka dan memberikan akses ke serviks. Kemudian, dokter Anda akan mengikis sampel kecil sel dari leher rahim Anda, bisa menggunakan alat seperti spatula, kuas, dan cytobrush yang berbentuk kombinasi spatula dan sikat.

Untuk Anda yang membutuhkan pemeriksaan Pap smear, Anda bisa menghubungi rumah sakit, klinik atau lab yang menyediakan layanan tersebut salah satunya seperti Lab Cito Jakarta yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *