Kenali Perbedaan dan Tipe RS Lancang Kuning Riau

Sumber foto: traveloka.com

“Rumah sakit yang ada di Indonesia memiliki 5 jenis tingkatan, dan hal ini perlu diketahui oleh peserta BPJS. Sebab, dengan mengtahui ini akan berguna jika nanti memerlukan rujukan berjenjang dari tiap-tiap fasilitas kesehatan. Salah satu fasilitas kesehatan yang ada di Riau adalah RS Lancang Kuning dengan tipe C. Apakah maksudnya?”

Jika selama ini Anda hanya mengenal rumah sakit berdasarkan milik pemerintah atau swasta, maka Anda harus mengetahui tipe-tipe rumah sakit yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis rumah sakit, di mana setiap tipenya memiliki perbedaannya masing-masing, mulai dari fungsi, fasilitas, hingga penunjang medis atau pelayanan kesehatan.

Apabila Anda pengguna BPJS, mungkin Anda pernah merasakan perpindahan rumah sakit sesuai dengan yang direkomendasikan fasilitas kesehatan sebelumnya. Misalnya ketika Anda berobat di rumah sakit D dan harus dialihkan ke rumah sakit C, dan seterusnya. 

Maka dari itu, penting bagi peserta BPJS mengetahui tipe-tipe rumah sakit agar Anda bisa memilih dengan tepat rumah sakit yang sesuai dengan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan.

Salah satu rumah sakit dengan tipe C yang ada di Riau adalah RS Lancang Kuning. Lalu, apa yang dimaksud dengan tipe C dan mengapa RS Lancang Kuning masuk ke dalam tipe tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Tipe-tipe rumah sakit

Tipe rumah sakit telah ditentukan berdasarkan Permenkes RI Nomor 986/Menkes/Per/1 1/1992 bahwa pelayanan rumah sakit umum pemerintah Departemen Kesehatan dan Pemerintah Daerah dibedakan menjadi lima kelas, yakni tipe A, B, C, D, dan juga E.

  • Rumah sakit tipe A

Rumah sakit yang masuk ke dalam tipe A adalah rumah sakit yang memiliki pelayanan dokter spesialis dan subspesialis terlengkap yang dan biasanya disediakan oleh pemerintah. Biasanya rumah sakit tipe A ini akan dijadikan sebagai rujukan tingkat tiga atau rujukan tertinggi atau rumah sakit pusat bagi peserta BPJS dan pasien lainnya.

  • Rumah sakit tipe B

Rumah sakit tipe B merupakan rumah sakit yang hanya bisa memberikan pelayanan dari dokter spesialis maupun subspesialis terbatas. 

Rumah sakit dengan tipe ini akan menjadi pelayanan kesehatan rujukan dari rumah sakit yang berada di kabupaten. Dalam arti lain, rumah sakit tipe B ini berada di setiap ibukota provinsi sehingga bisa menampung rujukan yang berasal dari kabupaten.

  • Rumah sakit tipe C

Selanjutnya, ada rumah sakit dengan tipe C atau biasa disebut dengan fasilitas kesehatan tingkat dua. Sebab rumah sakit ini akan menjadi rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1, seperti puskesmas, poliklinik, atau dokter pribadi.

Rumah sakit tipe ini akan memberikan pelayanan dokter spesialis dan subspesialis, namun lebih terbatas lagi bila dibandingkan dengan rumah sakit tipe B, misalnya pelayanan penyakit dalam, penyakit dalam, kebidanan & kandungan, dan bedah saja.

Biasanya, rumah sakit dengan tipe C ini adalah rumah sakit yang didirikan di kota ataupun kabupaten.

  • Rumah sakit tipe D

Tipe rumah sakit D ini merupakan rumah sakit transisi atau sementara yang suatu saat bisa ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe C.

Pada umumnya, rumah sakit tipe ini hanya memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi saja. Rumah sakit ini juga bisa menjadi rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1.

  • Rumah sakit tipe E

Terakhir adalah rumah sakit dengan tipe E, yaitu fasilitas kesehatan yang hanya memberikan satu pelayanan kesehatan saja, seperti rumah sakit khusus jantung, ibu dan anak, paru, kanker, dan lainnya.

Itulah beberapa tipe rumah sakit yang ada di Indonesia berdasarkan Peraturan Kementerian Kesehatan. Salah satu contoh rumah sakit yang ada di Riau adalah RS Lancang Kuning.

RS Lancang Kuning

Rumah sakit yang dibangun pada tahun 2003 dan mulai beroperasi pada 29 April 205 ini berlokasi di Jalan Ronggowarsito Ujung no. 5A Gobah, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru, Riau.

RS Lancang Kuning ini termasuk ke dalam rumah sakit dengan tipe C. RS Lancang Kuning memiliki 11 poliklinik, yaitu:

  • Bedah / sunat
  • Poliklinik saraf
  • Dokter umum
  • Poli gigi
  • Poli anak
  • Penyakit dalam
  • Poliklinik kedokteran jiwa dan psikiatri
  • Kandungan dan kebidanan
  • Tes Covid-19
  • Imunisasi dewasa
  • Imunisasi anak

Selain poliklinik, RS Lancang Kuning juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti farmasi, instalasi gizi, instalasi bersalin, instalasi bedah, dan banyak lagi.

Jadi, jika Anda peserta BPJS yang berada di Riau dan membutuhkan fasilitas tingkat dua sebagai rujukan, maka Anda bisa memilih RS Lancang Kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *