Kenali Kandungan Bahan Alami Herbakof Sirup dan Manfaatnya

Herbakof sirup merupakan obat batuk herbal yang kandungannya terdiri dari beberapa bahan alami yang ampuh untuk meredakan batuk dan melegakan radang tenggorokan, di antaranya yaitu:

Daun Tanaman Legundi

Legundi (Vitex trifolia) merupakan tanaman yang habitatnya berada di Kawasan tropis dengan ketinggian maksimal mencapai 4-5 meter. Batangnya ditutupi oleh rambut-rambut lembut dan memiliki bunga berwarna ungu. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan memiliki bunga yang cukup cantic, legundi juga sering dijadikan sebagai tanaman bonsai. Salah satu khasiat daun legundi yang umum dikenal yaitu bisa mengobati asma karena memiliki kandungan zat aktif viteksikarpin. Selain itu, buah dan daun legundi juga mengandung senyawa golongan flavonoid, terpenoid, dan sterol. Tanaman ini menjadi salah satu komposisi obat batuk Herbakof sirup karena daunnya bisa dijadikan bahan herbal dengan manfaat meringankan batuk, mengobati radang dan sakit tenggorokan, serta melegakan pernapasan. Daun legundi juga berkhasiat untuk melancarkan haid, melancarkan buang air kecil, meredakan kembung, menurunkan demam, meredakan kejang, membantu mengatasi TBC dan juga penyakit cacingan.

Rimpang Jahe Gajah

Tanaman yang memiliki nama latin Zingiber officinal ini sama seperti jahe yang sering digunakan sebagai bumbu dapur pada umumnya. Hanya saja, ukurannya yang berbeda, yaitu lebih besar hingga seukuran telapak tangan. Rimpang jahe ini berwarna putih kekuningan dan memiliki ruas yang menggembung. Jahe gajah tidak terlalu pedas, tetapi masih bisa memberikan sensasi hangat. Sehingga, cocok digunakan sebagai komposisi Herbakof sirup. Jahe gajah memiliki kandungan minyak atsiri sekitar 0,82% – 1,68%, dengan kandungan zat aktif di dalamnya yaitu seperti lemonin, zingeberin, gingerol, zingeron, dan kamfer. Senyawa kimia aktif yang terkandung di dalam rimpang jahe gajah juga diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, seperti capsaicin, asam caffeic, curcumin, serta salicilat. Sehingga, selain digunakan sebagai bahan masakan, jahe juga berkhasiat untuk kesehatan. Misalnya menguatkan jantung, pencegah kanker, melancarkan aliran darah, mengatasi rasa mual dan masuk angina. Jahe gajah juga memiliki sifat antihistamin yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan tenggorokan seperti radang dan nyeri.

Daun Saga Rambat

Sejak dulu, saga rambat yang memiliki nama latin Abrus precatorius sudah dikenal dan dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk obat tradisional. Saga rambat termasuk ke dalam tumbuhan perdu yang daunnya sering dijadikan obat sariawan dan obat sakit gigi. Sedangkan bijinya berwarna merah dengan titik hitam mengkilat dan licin serta beracun bagi manusia. Ekstrak daun saga bisa dijadikan sebagai pereda suara yang serak dan obat batuk, termasuk Herbakof sirup. Sifat antitusif yang terdapat di dalam daun saga bermanfaat untuk menekan batuk yang bekerja dengan cara menghambat daerah koordinasi yang terletak di batang otak dan mencegah batuk. Selain itu, zat aktif ini juga mengubah lengkung refleks batuk. Daun saga rambat juga mengandung senyawa kimia lainnya yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Buah Mahkota DewaBuah mahkota dewa telah dikenal sejak lama sebagai tanaman herbal untuk obat tradisional dan merupakan tanaman endemik di Papua. Memiliki nama latin Phaleria macrocarpa atau dalam bahasa inggris sering disebut sebagai God’s Crown. Jika Anda pernah mendengar istilah buah simalakama, maka buah dari pohon mahkota dewa inilah yang dimaksud. Umumnya, buah mahkota dewa berbentuk bulat dengan warna merah mengkilap terang. Buah mahkota dewa sering dianggap bermanfaat untuk mencegah kanker. Kandungan yang ada di dalam buah ini yaitu saponin, polifenol, alkaloid, serta flavonoid. Selain memiliki sifat antibakteri dan antivirus, buah mahkota dewa juga mengandung senyawa antioksidan. Buah mahkota dewa digunakan sebagai komposisi Herbakof sirup karena menghasilkan zona hambat terhadap pertumbuhan bakteri yang ditemukan di saluran pernapasan atas. Selain itu, sifat antiinflamasi di dalam buah mahkota dewa juga membantu mengurangi radang tenggorokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *