Ini Jenis Neurobion Tablet Untuk Jaga Kesehatan Saraf

Saraf dan sistem saraf merupakan bagian dari tubuh yang amat penting untuk kehidupan. Sistem saraf adalah komando pusat dari tubuh atau disebut juga kabel listrik tubuh yang mengirimkan sinyal antara berbagai bagian tubuh. 

Sistem saraf ini akan memandu, mengoordinasi, atau mengontrol gerakan, pikiran, dan respons otomatis Anda terhadap dunia di sekitar. Selain itu, saraf juga juga mengontrol sistem dan proses tubuh lainnya, seperti pernapasan, pencernaan, dan pubertas. Saraf yang terganggu akan mengganggu pula kerja sistem dan proses tubuh tersebut. 

Seperti halnya penuaan, kecelakaan, penyakit, racun, kekurangan vitamin dapat merusak sistem saraf Anda yang berakibat kerja tubuh Anda terganggu atau tidak sempurna. Untuk itu, perlu perawatan dalam menjaga fungsi sistem saraf agar terus bekerja maksimal. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan vitamin B yang berfungsi menjaga kesehatan sistem saraf. 

Vitamin tersebut dapat Anda temukan dalam suplemen Neurobion Tablet. Suplemen ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin B untuk menjaga kesehatan fungsi saraf. Suplemen ini terdiri dari bebera varian yang terjual bebas. Anda dapat memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan saraf Anda.

Berikut jenis-jenis Neurobion tablet beserta penjelasannya.

Neurobion tablet

Neurobion tablet adalah suplemen yang mengandung vitamin B kompleks yang dapat menjaga kesehatan fungsi saraf, mencegah atau mengatasi gangguan saraf. Neurobion dijual bebas dan memiliki tiga varian yang berbeda yang memiliki fungsi masing-masing. 

Jenis Neurobion tablet

  • Neurobion tablet putih

Tablet suplemen satu ini cocok untuk menjaga kesehatan fungsi saraf. Manfaat lainnya, yaitu memelihara metabolisme tubuh dan meregenerasi sistem saraf, mencegah penyakit akibat kekurangan vitamin B serta membantu pemulihan pasien yang menderita penyakit beri-beri dan anemia defisiensi vitamin B.

Kandungan suplemen ini sendiri terdiri dari vitamin neurotropik, yaitu vitamin B1 100 mg, vitamin B6 100 mg, dan vitamin B12 200 mcg. Suplemen ini dapat diminum sehari satu tablet sekali. Anda dapat mengonsumsinya baik sesudah maupun bersamaan dengan makan. Perlu perhatian khusus bagi pasien yang sedang menjalani terapi dengan obat levodopa (obat untuk degenerasi saraf), konsultasikan lebih dahulu pada dokter mengenai risiko dan manfaatnya. 

Penggunaan jangka panjang dari suplemen ini dapat menyebabkan munculnya sindrom neuropati, oleh karenanya pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan Anda saja dan bila perlu diskusi pada dokter dan tenaga medis lainnya.

  • Neurobion tablet 

Mirip dengan yang sebelumnya, Neurobion tablet ini juga mengandung vitamin neutropik tetapi dengan komposisi yang sedikit berbeda. Komposisi dan kandungan suplemen Neurobion ini adalah vitamin B1 100 mg, vitamin B6 200 mg, serta vitamin B12 200 mcg

Manfaat Neurobion tablet adalah untuk mengatasi kekurangan vitamin neutropik (vitamin B1, B6, dan B12), mengobati peradangan pada berbagai saraf atau dinamakan polineuritis, serta mengobati penyakit beri-beri.

Kombinasi vitamin dari ketiga vitamin B tersebut dapat meningkatkan efek terapi yang dapat menjaga, memelihara, dan memperbaiki kerusakan sel saraf, menjaga kesehatan otot, dan memberikan kebutuhan asupan agar saraf di tubuh mampu bekerja dengan baik.

Suplemen dapat dikonsumsi sehari satu tablet sekali, untuk aturan pakai dan lama konsumsi sesuaikan dengan anjuran dari dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera. Efek samping yang mungkin timbul adalah reaksi alergi, biduran, dan gangguan saraf (sindroma neuropati) apabila digunakan dalam dosis besar dan jangka waktu yang lama. 

Perhatikan pula apabila Anda memiliki kondisi seperti hamil dan menyusui, memiliki gangguan jantung, merupakan pasien kalium darah rendah, serta kesulitan menyerap nutrisi harus berkonsultasi lebih dahulu pada dokter. 

Untuk pasien dengan penyakit mata tertentu, kelainan darah tertentu, gangguan hati dan mengonsumsi alkohol juga harus berdiskusi dan berkonsultasi dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi suplemen ini.

  • Neurobion Forte

Tablet berwarna pink satu ini cocok bagi Anda yang memiliki masalah saraf. Tablet Neurobion Forte akan mencegah dan mengatasi gangguan saraf, meliputi kesemutan dan mati rasa. Tambahan manfaat lainnya dari suplemen ini, yakni untuk memenuhi kebutuhan vitamin B harian Anda.

Neurobion Forte mengandung Vitamin B1 dan Vitamin B6 sebanyak 100 mg, dan juga Vitamin B12 5000 mcg. Kombinasi dari ketiga vitamin ini dapat mengatasi kekurangan vitamin neutropik, mengatasi dan mencegah gangguan saraf, mengobati penyakit beri-beri dan penyakit polineuritis.

Dosisnya sama dengan varian lain, yaitu sehari satu tablet sekali, namun dapat ditingkatkan sesuai dengan anjuran dari dokter serta dapat dikonsumsi setelah makan. Efek sampingnya yang mungkin dialami adalah gangguan pencernaan, alergi, dan gangguan saraf untuk pemakaian jangka panjang dan dosis yang berlebih.

Untuk itu perhatikan apabila Anda memiliki hipersensitifitas terhadap kandungan obat, penderita gangguan hati, mengonsumsi alkohol atau ibu hamil dan menyusui serta anak-anak. Kondisi tersebut harus dalam perhatian khusus dan hanya dapat mengonsumsi jika telah disarankan oleh dokter. 

Jangan mengonsumsi suplemen ini bersamaan dengan obat Levodopa karena dapat mengurangi efektifitasnya.

  • Dolo Neurobion tablet

Neurobion tablet jenis ini merupakan obat yang dijual dengan bebas tanpa resep dokter. Kegunaannya adalah untuk:

  • Peradangan pada saraf perifer (neuritis)
  • Rasa nyeri akibat gangguan pada sinyal saraf atau neuralgia
  • Nyeri punggung dan linu panggul
  • Nyeri akibat peradangan tulang belakang
  • Nyeri leher yang menjalar ke lengan dan bahu 
  • Mati rasa atau kesemutan akibat saraf terjepit atau sindrom lorong karpal
  • Nyeri setelah operasi

Dilihat dari kegunaannya, maka obat ini tak hanya mengandung vitamin neutropik B1, B6, dan B12 tapi juga mengandung paracetamol sebagai analgesik. Komposisinya, yaitu paracetamol 500 mg, vitamin B1 50 mg, vitamin B6 100 mg, dan vitamin B12 100 mcg.

Dosisnya adalah 1 tablet sebanyak 2-3 kali sehari dan dapat dikonsumsi bersama dengan makanan. Tidak diperbolehkan mengonsumsi obat ini bila Anda memiliki hipersensitif pada kandungan obat dan untuk anak berusia 14 tahun ke bawah. Jangan pula dikonsumsi bersama obat warfarin dan levodopa. 

Efek samping yang mungkin timbul adalah mual dan muntah, alergi, biduran, detak jantung lebih dari 100 kali/menit, kulit gatal, diare, sakit perut, gangguan ginjal dan kemih, gangguan darah dan sistem limfatik, serta membesarnya hati melebihi ukuran normal. Apabila efek samping terus parah dan tidak hilang segera periksa ke dokter. 

Kesehatan saraf sangat penting bagi tubuh. konsumis Neurobion tablet dapat menjadi salah satu obat atau suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin neutropik dan menjaga kesehatan fungsi saraf. Pastikan konsumsi suplemen ini sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Dapatkan Neurobion tablet asli hanya di Toko SehatQ. Anda dapat langsung mengunjungi ke laman Toko SehatQ atau melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang melalui App Store atau Play Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *