Cara Menebus Obat di Apotek dan Klinik Zamzam

Klinik Zamzam sediakan apotek yang memudahkan pasien menebus obat.

Klinik Zamzam tidak hanya menyediakan layanan kesehatan tetapi juga apotek. Menebus obat di apotek Klinik Zamzam sebenarnya tidak sulit. Namun, ada hal yang harus Anda harus pahami saat ingin menebus obat di apotek dan Klinik Zamzam.

Semua obat yang dijual di Indonesia dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu obat resep yang harus dijual dengan resep dokter dan obat non resep atau over-the-counter yang tidak memerlukan resep dari dokter.  Obat dengan resep dokter umumnya lebih manjur daripada yang dijual bebas (OTC) dan mungkin memiliki efek samping yang lebih akurat jika digunakan secara tidak tepat. 

Oleh karena itu, obat-obatan ini hanya dijual di bawah arahan dokter. Petunjuk ini ditulis dengan resep oleh dokter, kemudian diperiksa ulang, dikemas, dan dijual kepada Anda oleh apoteker. Apoteker juga akan menasehati Anda tentang cara menggunakan obat dan potensi efek samping obat tersebut.

Pemberian obat mencakup semua langkah yang diperlukan untuk menerjemahkan pesanan obat (resep) menjadi persediaan obat individual yang aman dan sesuai. Di bawah ini adalah uraian singkat tentang seperti apa kunjungan biasa ke apotek:

Langkah 1

Apoteker akan menanyakan apakah Anda pernah mengunjungi apotek ini sebelumnya. Jika jawabannya ‘Tidak’, Anda akan diminta untuk mengisi formulir persetujuan. Ini memungkinkan apoteker untuk mengisi resep. Jika jawabannya ‘Ya’, mereka akan meminta pengenal (ulang tahun atau alamat rumah). Hal ini memungkinkan pencarian yang mudah dalam sistem komputer apotek untuk catatan resep. Anda kemudian akan ditanya apakah pernah minum obat ini sebelumnya, dan apa yang digunakan untuk mengobatinya. Informasi ini akan memungkinkan apoteker untuk mempersonalisasi penasihat pengobatan Anda saat obat diambil.

Langkah 2

Apotek akan memasukkan resep ke profil Anda dan memeriksa, informasi dokter, obat/dosis, indikasi dari pemberi resep, dan jumlah skrip. Sistem apotek akan memeriksa kemungkinan interaksi atau masalah potensial lainnya.

Langkah 3

Botol obat akan dipindai dan dikemas dengan Lot dan kedaluwarsa. Obat tersebut kemudian dihitung sesuai jumlah yang ditentukan, diberi label dan diserahkan ke apoteker untuk diperiksa.

Langkah 4

Apoteker akan melakukan pemeriksaan klinis obat Anda, yang mencakup penilaian interaksi obat, alergi, serta meninjau obat sebelumnya untuk penggunaan yang sama dan memastikan obat tersebut adalah obat, dosis, dan durasi yang paling sesuai untuk kondisi Anda. 

Langkah 5

Pasien akan mengambil obatnya dan apoteker akan memberikan konseling kepada pasien tentang obat tersebut dan efek sampingnya.

Selain itu, Anda harus memerhatikan beberapa hal ini saat mendapatkan resep dokter dan ketika ingin menyimpan obat yang dibeli dari apotek Klinik Zamzam.

1. Memastikan kesamaan informasi

Apoteker Anda harus memiliki informasi yang sama dengan dokter mengenai obat-obatan dan reaksi masa lalu yang Anda alami.

2. Pastikan obat masih tersegel rapat

Jika Anda memiliki anak di rumah, pastikan untuk meminta tutup yang tersegel rapi, agar tidak mudah dijangkau anak. Jika tidak ada anak di rumah, apoteker Anda mungkin dapat memberi tutup yang lebih mudah dibuka. 

Apabila obat berbentuk cairan, dapatkan alat pengukur dengan resep, biasanya sendok teh pengukur atau alat suntik medis. Jangan percaya volume sendok teh rumahan karena memiliki takaran yang berbeda-beda. Lebih baik menggunakan takaran pasti yang bisa diminta langsung di dokter.

3. Cari tahu bagaimana obat harus disimpan

Kebanyakan orang meninggalkan obat mereka di lemari obat kamar mandi atau kotak obat. Kebiasaan ini bisa dibilang tempat terburuk di rumah untuk pil, karena kelembapan di kamar mandi bisa membuat obat lebih mudah rusak. Beberapa obat perlu disimpan di lemari es. Anda bisa langsung bertanya cara penyimpanan sesuai jenis obat ke apoteker.

Sebelum meninggalkan apotek, periksa juga untuk memastikan obat yang diberikan sesuai dengan resep dokter. Lihat petunjuk penggunaan obat. Apakah ini cocok dengan yang dikatakan dokter kepada Anda? Ajukan pertanyaan apa pun yang Anda miliki kepada apoteker di Klinik Zamzam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *