Buah-buahan yang Mampu Meredakan Nyeri Haid Apa Saja?

Setiap bulan Anda sebagai wanita tentu akan mengalami siklus alamiah berupa haid atau menstruasi yang kehadirannya sering menimbulkan rasa sakit yang benar-benar tidak nyaman sehingga Anda harus benar-benar meredakan.

Cara meredakan ini bisa dengan konsumsi obat bebas, konsumsi makanan bergizi, olahraga, dan mengurangi stres atau kepanikan.

Salah satu cara mengonsumsi makanan bergizi itu adalah Anda bisa mengonsumsi buah-buahan. Lalu buah apa saja yang dapat Anda konsumsi tersebut? Yuk, simak di bawah ini!

Pisang

Pisang adalah buah yang mudah dicari dan ditemukan karena termasuk salah satu yang populer bahkan sebelum berolahraga untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat pun Anda disarankan mengonsumsi pisang.

Pisang sendiri mengandung vitamin B6, potasium, dan kalium yang ternyata mampu meredakan rasa sakit saat Anda mengalami datang bulan.

Nanas

Buah yang satu ini juga mudah Anda dapatkan karena sering dijual di tukang sayur dan buah. Buah tropis asal Brasil ini juga dipercaya mampu meredakan sakit saat menstruasi karena mengandung anti-oksidan yang mampu peradangan penyebab sakit.

Selain itu, buah yang kaya akan mangan ini mengandung enzim bromelin yang tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga memberikan efek relaksasi pada otot.

Mangga

Buah lain yang dapat meredakan nyeri haid Anda adalah mangga. Salah satu buah tropis ini mengandung vitamin C dan B yang berfungsi sebagai imunitas bagi tubuh sehingga tubuh Anda tetap terasa sehat dan bugar.

Selain itu, vitamin C dalam mangga dapat meningkatkan jumlah hormon estrogen dalam tubuh serta mengurangi kadar hormon progesteron yang menyebabkan kontraksi dalam rahim dan kram pada perut.

Pepaya

Buah yang baik untuk sistem pencernaan ini juga dapat Anda gunakan untuk mengurangi dan meredakan rasa nyeri saat Anda mengalami haid.

Ini karena pepaya mengandung karoten yang cukup tinggi, yang dapat merangsang hormon estrogen untuk menenangkan dinding rahim dan mengurangi kontraksi otot.

Paprika

Buah yang sering dianggap sebagai sayuran ini mengandung serat yang cukup tinggi serta air yang juga tinggi, yang berguna untuk melawan perut kembung bisa memperparah menstruasi.

Selain itu, terdapat potasium berkadar tinggi dalam buah yang dapat mengurangi tingkat ketidaknyamana akibat kram perut secara alami.

Kiwi

Kiwi, buah khas Selandia Baru, bisa Anda gunakan sebagai pereda nyeri haid karena mengandung enzim anictidin yang mampu membantu mencerna protein dengan mudah.

Protein sendiri cukup penting saat Anda sedang haid karena mampu meringankan sembelit yang sering ada saat menstruasi.

Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang mudah didapat dan kaya akan beragam vitamin seperti vitamin C, potasium, magnesium, dan vitamin D.

Mengonsumsi buah yang asam ini saat Anda haid kenyataannya dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri saat datang bulan.

Semangka

Semangka adalah salah satu buah tropis yang diketahui mengandung banyak air seperti halnya kelapa.

Kandungan air ini dapat mencegah Anda terkena dehidrasi yang sering dialami saat haid dan dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi.

Selain buah-buahan Anda juga dapat mengonsumsi makanan-makanan berikut untuk menghilangkan nyeri saat haid:

Air hangat

Air hangat mempunyai kemampuan membersihkan tubuh dari racun serta melancarkan darah saat haid. Selain itu, air hangat dapat meredakan kembung yang sering terjadi saat haid.

Sayuran hijau

Makanan ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang ternyata mampu meredakan sakit saat datang bulan. Sayuran hijau yang direkomendasikan adalah brokoli, sawi, bayam, dan kubis.

Gandum

Berdasarkan beberapa penelitian gandum dianggap mampu juga meredakan nyeri saat datang bulan.

Hal ini karena gandum mengandung magnesium sebagai pereda. Selain itu, kandungan vitamin B dan E pada gandum juga dapat mengurangi rasa lemas.

Ikan

Binatang laut ini dapat meredakan nyeri saat haid karena mengandung Omega-3, dan Anda bisa dapatkan pada ikan salmon, kembung, dan makarel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *