Atasi Maag dengan Mylanta Tablet, Ketahui Aturan Konsumsinya

Pernahkah Anda minum obat maag? Obat maag berbentuk tablet biasanya dikonsumsi dengan cara dikunyah. Misalnya saat konsumsi mylanta tablet, pasti harus dikunyah agar obatnya bekerja efektif. Kira-kira kenapa ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Jenis-jenis Obat Asam Lambung 

Sebelum membahas mengenai cara konsumsi obat maag berupa tablet, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis obat maag, yaitu:

  1. Antasida

Obat antasida ini adalah jenis yang paling sering dipakai untuk mengatasi naiknya asam lambung. Antasida ini bekerja dengan cara menetralisir asam lambung. 

Obat maag dengan kandungan antasida ini biasanya juga mengandung bahan simethicone sehingga bisa mengatasi perut kembung. 

Antasida tersedia dalam beberapa bentuk, yaitu berupa tablet dan sirup. Cara konsumsi obat antasida tablet pun harus dikunyah, tidak ditelan.

  1. H2 Blockers

Obat H2 blockers ini dapat menurunkan produksi asam lambung hingga 70 persen dalam waktu kurang dari 24 jam. Meski aman untuk mengatasi asam lambung, tapi perlu diketahui pula risiko efek samping yang mungkin ditimbulkan. 

Obat H2 Blockers ini bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti pusing, gangguan pencernaan, hingga sakit kepala. 

  1. Proton Pump Inhibitor

Ada pula jenis obat proton pump inhibitor yang dinilai lebih ampuh dibanding H2 blockers dalam mengatasi naiknya asam lambung. Selain menurunkan asam lambung, obat ini juga bisa mencegah agar tidak diproduksi oleh tubuh. 

Biasanya obat jenis proton pump inhibitor ini digunakan jika kondisi maag yang dialami sudah kronis.

Kenapa Obat Maag Perlu Dikunyah?

Obat maag atau antasida mengandung aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, kalsium hidroksida, hingga natrium bikarbonat. Semua kandungan ini bersifat basa yang dapat menetralkan pH lambung yang asam.

Obat maag berbentuk tablet biasanya dikonsumsi dengan cara dikunyah. Hal ini agar efektivitasnya lebih baik dibanding jika dikonsumsi dengan cara ditelan. 

Obat maag yang dikunyah akan memperluas kontak obat dengan lambung. Dengan begitu akan lebih efektif dan cepat dalam menetralkan asam lambung. 

Dibanding dengan obat maag yang ditelan begitu saja, maka obat akan lebih cepat melewati lambung. Sehingga tidak menyebar ke seluruh bagian lambung. Jika obatnya hancur karena dikunyah, maka akan berbentuk serbuk-serbuk yang lebih kecil dan menyebar di seluruh bagian. 

Apabila obat maag ditelan begitu saja, sebenarnya tidak akan menimbulkan efek berbahaya. Hanya saja, tingkat efektivitasnya jadi lebih rendah dalam mengatasi lambung yang asam. 

Obat Maag Dikonsumsi Sebelum Makan

Selain dikunyah, aturan dalam konsumsi obat maag seperti mylanta tablet, misalnya, adalah dikonsumsi sebelum makan. Hal ini bertujuan untuk menetralisir produksi asam lambung yang meningkat ketika makan nantinya. 

Makanan akan membuat lambung memproduksi asam lambung untuk proses pencernaan secara kimiawi. Dengan dikonsumsinya obat maag sebelum makan, maka akan menetralisir kenaikan kadar asam lambung. Sebaliknya, jika dikonsumsi setelah makan, tentu obat maag tidak akan memberikan efek apa-apa karena masih akan tetap merasakan gejala yang sama. 

Atasi Maag dengan Mylanta Tablet

Salah satu obat naiknya asam lambung yang mudah didapatkan adalah Mylanta tablet ini. Obat ini berkhasiat mengatasi gejala maag karena produksi asam lambung yang tinggi hingga menyebabkan rasa perih. 

Produksi asam lambung yang tinggi biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti makanan hingga mental yang stres. Sehingga kondisi lambung jadi sangat asam. 

Jika sudah dalam kondisi ini, maka perlu obat yang bersifat basa untuk menetralkan keasaman lambung. Mylanta tablet ini mengandung aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida. Ada pula kandungan simetikon yang bisa mengurangi gas di lambung yang menyebabkan perut kembung. 

Cara konsumsi obat Mylanta tablet ini adalah dengan dikunyah. Obat ini tidak terasa pahit di lidah sehingga tidak akan membuat Anda merasa menderita mengunyahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *