7 Cara Membersihkan Kepiting Segar dengan Mudah dan Aman, Pecinta Seafood Wajib Tahu

Kepiting merupakan salah satu hewan laut yang menawarkan cita rasa yang nikmat sehingga banyak dikonsumsi oleh manusia. Selain menawarkan cita rasa yang nikmat, kepiting ini kaya akan kandungan protein dan kalsium. bagi kamu yang ingin memasak kepiting, harus tahu bagaimana cara membersihkan kepiting dengan benar. 

Di daerah tropis seperti Indonesia, kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan masakan berbahan dasar kepiting. Perlu kamu ketahui bahwa olahan seafood ini salah satu olahan yang cukup mahal dibandingkan olahan seafood lainnya. 

Cara membersihkan kepiting segar perlu dilakukan agar aman dikonsumsi

Melihat harganya yang cukup mahal, kamu bisa mencoba untuk memasak kepiting sendiri di rumah. Saat kamu akan mengolah kepiting, maka kamu harus tahu cara untuk mengolahnya dengan benar. Mengingat ada beberapa bagian kepiting yang harus disingkirkan dan tidak untuk di masak. 

Cara Membersihkan Kepiting dengan Benar 

Apabila kamu ingin mengolah kepiting maka kamu harus tahu cara membersihkan kepiting dengan benar. Kalau kepiting tidak bersih, dikhawatirkan ada racun di dalamnya sehingga menyebabkan alergi. Maka dari itu silahkan simak beberapa tips membersihkan kepiting dengan benar dan aman untuk dikonsumsi. 

  1. Memilih kepiting yang segar 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih kepiting yang masih segar. Lebih baik kalau memilih kepiting yang masih hidup atau bergerak-gerak. Kemudian perhatikan pada bagian siku kalau ditekan terasa keras dan kembali ke awal, menunjukkan kalau daging kepitingnya padat dan penuh.

  1. Memukul bagian kepala kepiting 

Setelah memilih kepiting yang masih segar, selanjutnya adalah memukul pada bagian kepala kepiting. Hal ini bertujuan agar kepiting tidak banyak gerak sehingga proses pembersihan lebih mudah dilakukan. Pastikan kepiting selalu dalam kondisi terbalik agar kamu lebih mudah menghindari pergerakan kepiting. 

  1. Merebus atau mengukus kepiting 

Silahkan merebus atau kukus kepiting sebelum kamu mencucinya dengan air mengalir. Pastikan air sudah mendidih dengan menambahkan sedikit rempah dan garam untuk menambah aroma dan rasa. Baru kemudian kamu merebus kepiting selama 15 menit, sesuai ukuran kepiting. 

  1. Membuka cangkang kepiting 

Cara membuka cangkang kepiting ini dengan membelah kepiting dimulai dari lambung kepiting. Kamu juga bisa menarik cangkang dengan lawan arah sampai cangkangnya terbuka. Jadi kamu bisa menerapkan cara ini untuk membuka cangkan kepiting sampai terbuka dengan sempurna. 

  1. Membersihkan kotoran kepiting 

Setelah membuka cangkang kepiting dengan sempurna, kamu harus membersihkan semua kotoran pada kepiting. Bagian-bagian kepiting yang harus Anda dibersihkan adalah:

  • Membersihkan bagian lambung kepiting yang lokasinya ada di dekat punggung cangkang 
  • Membersihkan usus kepiting yang bentuknya seperti benang hitam
  • Membersihkan hati kepiting yang bentuknya seperti papan segi enam
  • Membersihkan insang yang terletak di lambung kepiting 

Pastikan semua organ tersebut sudah dibersihkan untuk mendapatkan cita rasa kepiting yang semakin nikmat untuk dikonsumsi. 

  1. Menyikat cangkang kepiting 

Cara membersihkan kepiting selanjutnya adalah dengan menyikat cangkang. Hal ini sangat penting karena pada bagian cangkang ini banyak kotoran yang menempel. Wajar saja karena hewan ini hidupnya di dalam air dan lumpur, sehingga kamu harus lebih cermat saat membersihkannya. 

  1. Mencuci dengan air mengalir 

Setelah membersihkan semua kotoran pada kepiting, silahkan untuk mencucinya dengan air mengalir. Kamu bisa menggosoknya secara perlahan untuk memastikan tidak ada kotoran pada bagian cangkang dan dagingnya. 

Itulah penjelasan mengenai cara membersihkan kepiting dengan mudah dan benar. semoga dengan adanya penjelasan ini kamu akan lebih mudah untuk membersihkan dan mengolah kepiting secara mandiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *